Minggu, 27 April 2008

Tips Menulis Karya Ilmiah Populer

Di negeri ini banyak orang pandai, tapi hanya sedikit yang mau berbagi ilmu. Saya berharap Anda adalah salah satu orang pandai yang mau berbagi ilmu. Salah satu jalannya adalah dengan menulis karya ilmiah populer. Harapannya, masyarakat luas bisa mendapatkan informasi yang mendidik dari tulisan Anda. Untuk memudahkan Anda menulis karya ilmiah populer, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda;
Pada dasarnya, karya ilmiah pupuler adalah karangan yang mengandung unsur ilmiah, berdasar fakta, aktualitasnya tidak mengikat. Yang dipentingkan dalam karya ilmiah populer bukan pada keindahan bahasanya, tapi lebih kepada sisi ilmiahnya (mengajarkan atau menerangkan sesuatu). Contoh “Bagaimana merawat wajah”, “Bagaimana beternak itik”, “Bagaimana cara membuat bom” dsb.
Jika dalam sebuah kolom, yang ditekankan adalah opini dan pandangan penulisnya, dalam karya ilmiah populer yang lebih ditekankan adalah unsur mendidiknya. Untuk itu, akan lebih baik kalau kita menghidarkan diri dari unsur subjektifitas yang terlalu kental.
Sumber tulisannya bisa kita ambil dari karya-karya ilmiah akademik yang kaku. Alangkah lebih baik jika, hasil penelitian, paper, skripsi, tesis di sebarkan ke masyarakat luas dengan bahasa yang sederhana, singkat dan jelas dalam bentuk karya ilmiah populer ini. Hal ini akan memudahkan pembaca untuk memahaminya. Agar memudahkan pembaca, Gunakan bahasa yang jelas, tidak terlalu teknis.
Karena dalam karya ilmiah populer yang ditekankan adalah sisi ilmiahnya, bukan keindahan bahasanya, Anda bisa menyelipkan humor yang tidak berlebihan agar tidak membuat bosan pembaca. Tapi yang perlu ditekankan lagi, jangan lupa unsur mendidiknya. Jangan sampai terjebak juga kedalam kepenulisan feature yang menitik beratkan pada unsur menghibur dan human interestnya (sisi kemanusiaan). Kata kuncinya, karya ilmiah populer adalah mendidik pembaca. Penulisnya ibarat seorang guru tapi jangan terlampau menggurui dalam menuliskan karya ilmiah populer Anda.
Karena dalam karya ilmiah informasi harus akurat, maka akan lebih baik jika Anda menuliskan sesuatu yang benar-benar Anda kuasai. Jangan sampai Anda mengajarkan sesuatu yang ternyata salah kepada pembaca. Misal, tulisan “Bagaimana mengindari stress” pembaca tentu akan mempertimbangkannya ketika yang menulis adalah seorang psikolog. Tapi, kalaupun Anda orang biasa saja tapi ingin membuat karya ilmiah populer, rujukan atas buku, pandangan pakar dan literatur harus memadai agar tulisan Anda tidak salah sehingga merugikan pembaca.
Demikian sedikit catatan dan tips tentang karya ilmiah populer. Semoga bisa sedikit membantu Anda. Selamat menulis.

Sumber: http://penamuda.multiply.com

Tidak ada komentar: